6 Hal Yang Wajib Anda Pastikan Dalam Membeli Hewan Aqiqah

Saat menjalankan ibadah sunah, pastinya kita bisa mendapatkan keutamaan dan manfaatnya. Tak hanya untuk kita yang menjalankan saja, bahkan orang-orang di sekitar kita pun bisa mendapatkannya. Dalam menjalankan aqiqah sendiri, kita diajarkan untuk bersyukur kepada Allah SWT. Namun untuk aqiqah lebih tepatnya adalah bersyukur atas kehadiran putra maupun putri di dunia. Aqiqah sendiri baik di lakukan setelah 7 hari kelahiran seorang anak. Dimana anda bisa menjalankan di waktu tersebut. Akan tetapi jika anda tidak bisa melakukannya, tentu saja tidak perlu khawatir. Karena dengan mudah anda bisa menjalankan di hari ke 14 atau ke 21 setelah kelahiran. Dalam menjalankan aqiqah ada banyak hal yang harus diperhatikan. Namun saat ini sudah banyak sekali layanan jasa aqiqah yang dapat kita ajak kerja sama. Layanan jasa aqiqah membantu kita menjalankan aqiqah dengan baik dan mudah. Yang mana akan membantu kita dalam mewujudkan aqiqah dengan baik juga dengan kualitas yang terbaik. Untuk menjalankan aqiqah sendiri juga sangat mudah. Namun perlu anda pastikan bila anda memang memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Namun semua hanya bisa anda dapatkan jika bekerja sama dengan layanan yang berkompeten dan berpengalaman dalam bidangnya.

jasa aqiqah

Berikut Ini 6 Hal Yang Harus Diperhatikan

Jika anda ingin menjalankan ibadah aqiqah, sebaiknya anda tidak melakukannya secara asal. Ada beberapa hal yang harus anda jadikan pertimbangan dalam menjalankan aqiqah tersebut. Mau tahu apa saja yang harus diperhatikan dalam aqiqah? Anda bisa perhatikan beberapa hal ini.

  1. Jenis hewan

Dalam menjalankan aqiqah anda bisa mendapatkan 2 pilihan hewan yang mana ada bisa gunakan domba atau dengan kambing. Pilihan jenis hewan sendiri bisa anda sesuaikan dengan keinginan sendiri. Soal jenis kambing sendiri juga perlu di sesuaikan dengan budget bukan. Karena harga kambing & domba tentu saja akan berbeda. Jadi perhatikan bila anda memang memilih kambing yang terbaik dengan kualitas yang unggul.

  1. Memastikan usia hewan

Untuk kambing sendiri usia yang di butuhkan dalam menjalankan aqiqah adalah 1 tahun. Jadi jika usia kambing kurang dari 1 tahun tidak dianjurkan untuk anda menggunakannya. Lalu berapa usia domba yang di gunakan untuk aqiqah? Untuk domba sendiri adalah 6 bulan. Jadi ketahui dengan detail usia dari hewan tersebut agar anda bisa memenuhi kebutuhannya.

  1. Kondisi baik

Kondisi hewan pun harus anda jadikan pertimbangan. Untuk melakukan pembelian kambing maupun domba haruslah anda memilih hewan yang terbaik. kesehatan dari hewan tersebut menjadi bagian utama untuk anda perhatikan. Hewan dengan kondisi yang baik untuk aqiqah ialah tidak dalam keadaan yang cacat, tidak tuli, tidak buta, tidak pincang dan tidak memiliki riwayat sakit dalam. Jadi hewan untuk aqiqah harus di pastikan memiliki kondisi yang sempurna.

  1. Jumlah

Jumlah hewan yang di gunakan dalam aqiqah antara anak perempuan dan laki-laki tentu saja berbeda. Dimana untuk anak laki-laki di butuhkan 2 ekor sedangkan untuk anak perempuan adalah 1 ekor saja.

  1. Memastikan bagian gigi

Untuk bagian gigi pun harus di perhatikan. Dimana hewan aqiqah haruslah memiliki gigi susu dan runcing. Sedangkan gigi tetap dari hasil pergantian yang mana memiliki ukuran besar & juga rata.

  1. Tempat penyedia hewan

Pastikan anda memilih tempat penyedia hewan aqiqah yang memang berpengalaman dan terpercaya. Dengan layanan yang terbaik maka aqiqah pun bisa berjalan dengan baik serta sesuai dengan harapan.