TATA CARA AQIQAH DI BANDUNG YANG BAIK DAN BENAR

Acara aqiqah di bandung memang harus dilaksanakan dengan baik. Jadi ada baiknya jika anda mengetahui beberapa hal mengenai proses aqiqah berikut. KLIK DISINI!

Aqiqah di bandung – Ketika seorang anak lahir, biasanya umat muslim akan merayakannya dengan menggelar acara akikah. Acara akikah ini dimaksudkan sebagai tanda bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena telah menghadirkan seorang anak di tengah-tengah keluarga. Biasanya akikah dilakukan dengan diawali menyembelih hewan ternak berupa kambing. Selain kambing, acara akikah ini juga bisa menggunakan domba. Kemudian daging kambing akan dibagikan kepada kerabat dan tetangga. Namun ada yang berbeda. Daging kambing akikah terlebih dahulu harus dimasak baru bisa dibagikan. Berbeda dengan daging kurban yang setelah disembelih dan ditimbang bisa langsung dibagikan. Secara bahasa, aqiqah mempunyai arti memotong. Yang mana berasal dari Bahasa Arab al-qat’u. Untuk aqiqah ini pun terdapat beberapa definisi lain, yakni nama rambut bayi yang baru dilahirkan. Menurut istilah, aqiqah merupakan kegiatan menyembelih hewan ternak di hari ke-7 setelah seorang anak dilahirkan. Hal ini adalah bentuk rasa syukur orang tua kepada Allah SWT. Jika dulunya, aqiqah di bandung dilaksanakan dengan menyembelih dan memasak bersama tetangga atau keluarga. Maka sekarang ini, proses akikah sudah bisa dilakukan secara praktis dengan memanfaatkan layanan akikah.

aqiqah di bandung

Pelaksanaan Aqiqah Di Bandung Yang Baik

Untuk acara aqiqah di bandung sendiri bisa dilakukan pada hari ke-7, 14, atau ke-21 setelah lahirnya si anak. Apabila anak laki-laki yang lahir, maka wajib memotong dua ekor kambing. Sementara untuk anak perempuan cukup satu ekor saja. Jika dilihat dari sisi hukum, aqiqsh dibedakan menjadi dua. Yakni sunnah dan wajib. Pembagian hukum akikah ini sendiri pun berdasar dalil dan tafsir yang dilakukan oleh para ulama. Secara sunnah, hukum akikah adalah sunnah muakkad atau sunnah yang diutamakan. Artinya, jika seorang muslim mampu melaksanakan akikah maka dianjurkan. Namun untuk orang yang kurang mampu atau tidak mampu, maka pelaksanaan akikah bisa ditiadakan. Menurut hadist riwayat Ahmad, “A nak-anak itu tergadai (tertahan) dengan aqiqahnya, disembelih hewan untuknya pada hari ketujuh, dicukur kepalanya dan diberi nama.” Dalam hadist ini dinyatakan jika akikah wajib dilakukan. Meskipun demikian, pendapat ini masih kalah dengan pendapat jika akikah adalah sunnah. Sehingga banyak hadist ini ditolak banyak ulama. Oleh karena itulah, bagi orang tua yang mampu bisa langsung mengakikahkan anaknya. Agar lebih cepat bisa langsung ke layanan aqiqah di bandung.

Apabila anda hendak melaksanakan aqiqah di bandung untuk buah hati. Akan lebih baik jika mengetahui tata cara akikah dalam Islam dibawah ini terlebih dahulu.

  1. Waktu Dalam Pelaksanaan Akikah

Rasulullah bersabda: “Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” Berdasarkan dari sabda tersebut, para ulama menyepakati bahwa waktu pelaksanaan acara akikah paling baik adalah di hari ketujuh setelah kelahiran. Tetapi jika berhalangan karena suatu dan lain hal, maka bisa dilaksanakan pada hari ke-14 atau ke-21. Namun jika seseorang dalam keadaan ekonomi tidak memungkinkan. Maka diperbolehkan untuk meninggalkan atau tidak melaksanakan akikah. Untuk mempermudah acara aqiqah di bandung. Akan lebih baik jika bekerja sama dengan layanan akikah.

  1. Syarat Dalam Memilih Hewan Aqiqah

Hal selanjutnya yang dianjurkan dalam acara aqiqah di bandung adalah pemilihan hewan ternak kambing. Kriteria untuk kambing akikah ini serupa dengan kambing kurban. Seperti yang dikatakan bahwa hewan ternak lain bisa digunakan untuk acara akikah, dan hewan tersebut adalah domba. Namun yang paling banyak digunakan untuk acara akikah adalah kambing. Berikut ini ada beberapa ciri kambing akikah sesuai syariat yang sudah ditentukan.

  • Hewan untuk aqiqah boleh menggunakan kambing atau domba. Baik jenis kelamin jantan atau betina. Tidak sah jika acara aqiqah di bandungdilakukan dengan menggunakan hewan ternak selain yang disebutkan. Misalnya diganti dengan ayam, burung, kelinci atau hewan lainnya. Sebagaimana pendapat para ahlul hadits dan fuqaha.
  • Memastikan bahwa hewan aqiqah di bandungini sudah cukup umur. Kambing atau domba yang disembelih untuk akikah sendiri minimal berusia 1 tahun. Yang mana sudah berganti gigi seri pada bagian depan.
  • Kambing atau domba untuk aqiqah di bandungtidak dalam kondisi cacat. Yang artinya hewan untuk akikah ini haruslah hewan sehat dan tidak cacat. Bagian mata tidak boleh cacat atau buta sebelah. Oleh sebab itulah sebelum menyembelih kambing atau domba ini. Pastikan untuk mengetahui bahwa hewan tersebut tidak ada cacat dan dalam kondisi sehat.
  • Pastikan bahwa kambing atau domba yang digunakan memiliki berat badan besar alias gemuk. Karena hewan akikah yang gemuk akan memiliki daging cukup banyak. Sehingga nantinya semakin banyak orang yang bisa merasakan olahan kambing akikah ini.
  1. Membagi Olahan Daging Kambing Akikah

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas bahwa dalam pelaksanaan aqiqah di bandung. Kambing yang sudah disembelih perlu dimasak terlebih dahulu sebelum nantinya dibagikan kepada tetangga atau kerabat. Hadits Aisyah r.a: “Sunnahnya dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Ia dimasak tanpa mematahkan tulangnya. Lalu dimakan (oleh keluarganya), dan disedekahkan pada hari ketujuh” – (HR al-Bayhaqi). Orang tua yang mempunyai acara akikah dan keluarganya disunahkan mengonsumsi daging akikah. Sepertiga daging aqiqah di bandung lainnya dibagikan kepada tetangga dan fakir miskin.

  1. Memberikan Nama Anak Pada Acara Aqiqah

Pada saat acara aqiqah di bandung disunahkan untuk mencukur rambut bayi dan memberikan nama yang mempunyai arti baik. Karena nama yang dipakai akan mencerminkan akhlak dan perilaku pada Allah SWT dan lingkungan sekitar. Oleh karena itulah, beberapa orang tua biasanya melakukan riset terlebih dahulu sebelum memberikan nama untuk si kecil. Agar kelak saat sudah dewasa akan mengharumkan kedua orang tua dan sesama.

  1. Mencukur Rambut Anak Ketika Acara Akikah

Prosesi mencukur rambut merupakan salah satu tata cara aqiqah di bandung dan di seluruh dunia. Rasulullah SAW menganjurkan supaya melakukan cukur rambut pada anak baru lahir di hari ketujuh. Sebenarnya tidak ada hadist pasti yang menjelaskan bagaimana seharusnya mencukur rambut si bayi. Tetapi yang pasti adalah proses mencukur rambut ini harus dilakukan secara merata.

  1. Bacaan Ketika Menyembelih Hewan Aqiqah Di Bandung

Dibawah ini adalah bacaan doa yang dilafazkan ketika menyembelih hewan akikah: “Bismillah, Allahumma taqobbal min muhammadin, wa aali muhammadin, wa min ummati muhammadin.” Artinya: “Dengan nama Allah, ya Allah terimalah (kurban) dari Muhammad dan keluarga Muhammad serta dari ummat Muhammad.” (HR Ahmad, Muslim, Abu Dawud)

  1. Doa Untuk Anak Yang Diakikahkan

Berikut doa bagi anak yang sedang diakikahi: “U’iidzuka bi kalimaatillaahit tammaati min kulli syaithooni wa haammah. Wa min kulli ‘ainin laammah.” Artinya: “Saya perlindungkan engkau, wahai bayi, dengan kalimat Allah yang prima, dari tiap-tiap godaan syaitan, serta tiap-tiap pandangan yang penuh kebencian.”

Dalam pelaksanaan aqiqah di bandung ini nyatanya ada hikmah yang didapatkan oleh orang tua yang menyelenggarakan acara akikah. Apa saja hikmahnya? Simak dibawah ini:

  1. Membantu dalam mewujudkan rasa syukur kepada Allah SWT atas karunia berupa kelahiran seorang anak. Karena nantinya, anak tersebut diharapkan menjadi penerus yang sholeh dan sholehah.
  2. Melaksanakan ibadah aqiqah di bandungberarti meneladani dan mengikuti sunnah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.
  3. Merupakan momen untuk berbagai kepada sesama dan mempererat tali silaturahmi.
  4. Adalah bentuk rasa gembira dan upaya membagikan perasaan tersebut kepada orang lain.

Tips Melaksanakan Aqiqah Di Bandung Yang Hemat

Lahirnya seorang anak di tengah-tengah keluarga memang membawa kebahagiaan. Tidak lengkap jika kebahagiaan ini tidak disebarluaskan. Ketika seorang anak lahir, biasanya umat muslim akan mengadakan acara akikah. Di zaman yang serba mudah seperti sekarang ini, proses aqiqah di bandung bukan lagi hal sulit dilakukan. Jika dulunya proses akikah dilakukan secara mandiri. Yang artinya memilih kambing sendiri, membeli kambing sendiri, meminta bantuan untuk menyembelih kambing. Kemudian dimasak bersama tetangga, baru kemudian bisa dibagikan. Maka saat ini semua proses itu bisa dibantu oleh layanan akikah. Hadirnya layanan akikah ini berangkat dari masalah karena ada cukup banyak orang tua yang sibuk dengan aktivitas momong. Dengan bantuan layanan aqiqah di bandung, maka orang tua bisa mendapatkan olahan daging akikah tanpa perlu repot memasak lagi. Akan tetapi, dalam proses pemesanan olahan akikah ini pun bukan hal mudah. Terlebih karena saat ini layanan akikah di Bandung jumlahnya tidak sedikit. Jika sampai anda salah memilih layanan aqiqah di bandung. Bisa jadi anda akan mendapatkan rasa masakan kurang enak dan pelayanan kurang memuaskan.

Demi menghindari kekecewaan dan ingin berhemat dalam pelaksana aqiqah di bandung. Maka beberapa tips berikut ini bisa membantu anda.

  1. Merencanakan Anggaran Dengan Baik Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus dipersiapkan dengan baik ketika melaksanakan aqiqah di bandung adalah merencanakan anggaran. Ada pepatah yang mengatakan, “Gagal merencanakan berarti merencanakan sebuah kegagalan”. Jika anda memang mampu untuk melaksanakan acara akikah secara mandiri. Maka anda tidak perlu repot menyertakan keluarga besar dalam proses pendanaan acara akikah ini. Perencanaan anggaran untuk acara akikah ini bisa dilakukan ketika si kecil masih dalam kandungan. Ada rentang waktu 9 bulan sampai anak lahir. Nah anda bisa membuat perencanaan anggaran untuk acara aqiqah di bandung dari bulan pertama. Prediksikan secara matang.

  1. Menyusun Anggaran Lebih Efektif

Tips selanjutnya dalam melaksanakan ibadah aqiqah di bandung adalah menyusun anggaran secara lebih efektif. Anggaran akikah ini mencakup berbagai hal. Seperti tempat pembelian kambing, jumlah kambing dan jenis kelamin kambing. Hal tersebut jika anda memilih mengolah sendiri. Namun jika bekerja sama dengan layanan akikah. Maka anda hanya perlu mengeluarkan anggaran sesuai dengan paket yang dipilih. Namun hal tersebut juga dipengaruhi dari segi pemilihan paket, jenis kelamin kambing dan jumlah kambing yang digunakan untuk akikah. Oleh sebab itulah akan lebih baik jika anda bisa membuat rencana aqiqah di bandung dengan lebih baik dan tertata rapi.

  1. Mempertimbangkan Waktu Pelaksanaan

Selain itu anda juga harus mempertimbangkan waktu aqiqah di bandung yang tepat. Waktu yang penting untuk akikah adalah pada hari ke-7 setelah kelahiran bayi. Banyak hadist shahih meriwayatkan mengenai batasan waktu penerapan akikah di hari ketujuh. Namun jika tidak bisa pada hari ketujuh. Maka anda bisa melaksanakan ibadah akikah di hari ke-14 atau ke-21. Akan lebih baik jika pelaksanaan ibadah akikah ini dilakukan pada hari minggu. Karena di hari tersebut banyak tetangga dan kerabat yang libur dari pekerjaan. Jadi acara aqiqah di bandung yang anda selenggarakan nanti bisa berjalan meriah.

  1. Pertimbangkan Jumlah Tamu Undangan

Kemudian dari segi jumlah tamu undangan di acara aqiqah di bandung juga perlu dipertimbangkan dengan baik. Jika anda memiliki dana yang bisa dikatakan terbatas. Akan lebih baik jika anda membatasi jumlah tamu undangan. Misalnya anda mengundang tamu sebanyak 50 orang. Semakin sedikit jumlah tamu undangan, maka anggaran yang dikeluarkan tentu tidak akan terlalu banyak. Sebenarnya walau acara aqiqah di bandung tidak dihadiri oleh banyak orang. Asalkan bisa berjalan lancar tentunya akan membuat anda merasa puas sebagai pemilik acara.

  1. Memilih Menu OlahanAqiqah Di Bandung

Yang tidak boleh dilupakan ketika melaksanakan acara aqiqah di bandung adalah mengenai menu olahan. Anda harus bisa membuat pertimbangan mengenai olahan akikah seperti apa yang akan dipesan. Pihak layanan akikah bisa membuat beragam menu olahan aqiqah di bandung. Diantaranya adalah sate, rendang, krengseng, tongseng, dan beragam menu olahan lainnya. Pastikan untuk memilih menu olahan akikah yang sesuai dengan selera tamu dan sesuai selera sendiri tentunya.

  1. Pemilihan Layanan AqiqahTerbaik

Untuk tips terakhir yang harus dipertimbangkan dengan baik ketika melaksanakan acara aqiqah di bandung adalah pemilihan layanan itu sendiri. Sekarang ini kita bisa menemukan layanan akikah dengan mudah di Bandung. Tetapi bukan berarti anda bisa begitu saja memilih tanpa membuat pertimbangan terlebih dahulu. Akan lebih baik jika anda bisa membuat pertimbangan pemilihan layanan aqiqah di bandung terlebih dahulu. Pastikan bahwa layanan akikah tersebut benar-benar memuaskan dan terpercaya. Karena layanan akikah yang terbaik tentunya bisa bertanggung jawab jika terjadi sesuatu masalah.

Pesan Aqiqah Di Bandung Enak Harga Terjangkau

Demikianlah tata cara dalam berakikah dan tips hematnya. Jika anda ingin melaksanakan ibadah aqiqah di bandung. Namun belum menemukan layanan akikah yang tepat untuk diajak kerja sama dimana. Anda tidak perlu bingung atau risau terlebih dahulu. Karena aqiqahkitabandung.com siap membantu menyediakan olahan daging kambing akikah enak sesuai permintaan konsumen. Dengan mempercayakan pemesanan olahan akikah di aqiqahkitabandung.com membuat anda sebagai konsumen bisa mendapatkan banyak keuntungan. Dimulai dari pelayanan dan layanan yang memuaskan. Sehingga anda bisa lebih baik dalam pemilihan olahan menu akikah. Kami bisa membuat olahan sate, gulai, rendang, krengseng, nasi kebuli dan menu olahan akikah lainnya. Proses pengolahan daging kambing di aqiqahkitabandung.com sendiri dikerjakan oleh koki ahli dan berpengalaman. Jadi rasanya benar-benar enak, empuk dan tidak bau prengus. Selain itu anda juga tidak perlu repot datang ke lokasi kami untuk mengambil pesanan. Karena aqiqahkitabandung.com akan mengantarkan sampai ke lokasi tentunya. Dari segi harga pun terjangkau, sehingga membuat anda tidak harus mengeluarkan anggaran dalam jumlah besar. Selain itu masih banyak keuntungan lain yang akan didapatkan oleh anda ketika memesan olahan akikah. Oleh karena itulah sebaiknya memilih aqiqahkitabandung.com sebagai tempat pemesanan aqiqah di bandung.