Hal-Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Dalam Menyelenggarakan Ibadah Aqiqah

Dalam islam, cara mengungkapkan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas kelahiran seorang anak ialah dengan menyelenggarakan ibadah aqiqah. Yang mana ini bisa menjadi ungkapan kebahagiaan juga sekaligus memanjatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Dalam menjalankan aqiqah sendiri, proses yang di lakukan adalah dengan penyembelihan hewan ternak kambing atau domba. Setelah disembelih, kita pun akan melakukan pengolahan dan membagikan kepada keluarga atau tetangga. Waktu yang baik di gunakan dalam menyelenggarakan ibadah aqiqah adalah hari ke 7, ke 14 atau ke 21 setelah kelahiran seorang anak. Untuk anak laki-laki di butuhkan 2 ekor kambing, sedangkan untuk anak perempuan memanfaatkan 1 ekor kambing. Anda pun bisa dengan mudah memanfaatkan kambing berkualitas serta tidak dalam keadaan cacat atau sedang terkena penyakit. Jadi tidak semua kambing begitu saja bisa kita manfaatkan. Bila anda merasa bingung dalam menentukan pilihan, maka anda pun bisa meminta rekomendasi dari orang terdekat anda. Yang mana dari rekomendasi ini dapat memudahkan anda untuk menentukan pilihan hewan aqiqah yang terbaik juga memiliki kualitas unggul.

hewan aqiqah

Beberapa Hal Ini Juga Wajib Anda Perhatikan

Ada beberapa hal yang sebaiknya untuk anda jadikan pertimbangan dalam menyelenggarakan aqiqah. Hal ini bertujuan agar aqiqah bisa berjalan dengan baik serta sesuai dengan harapan anda. Mau tahu apa saja yang harus di perhatikan?

  1. Ibadah aqiqah di sertai dengan pencukuran rambut anak

Saat menyelenggarakan ibadah aqiqah, kita pun juga akan melakukan pencukuran rambut anak. Yang mana proses pencukuran sendiri bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan juga penyakit pada anak. Dengan ibadah tersebut maka niat kita adalah untuk menghindarkan anak dari penyakit. Di harap anak bisa tumbuh dengan baik juga.

  1. Memberi nama anak saat aqiqah

Bukan hanya proses pencukuran, dalam ibadah ini kita pun akan memberikan nama pada seorang anak. Yang mana memberi nama kepada anak haruslah diperhatikan. Berikan nama yang memiliki arti baik. Karena nama ini kelak akan mencerminkan perilaku serta akhlak dari anak kepada Allah SWT, sosial & lingkungan.

  1. Menentukan menu untuk aqiqah

Karena anda harus mengolahnya terlebih dahulu menjadi hidangan yang siap untuk di makan. Maka penting untuk kita memperhatikan menu dalam aqiqah tersebut. Menu yang baik untuk menyelenggarakan aqiqah sendiri adalah gulai, sate, rendang, tongseng atau sup kambing. Olahlah menjadi makanan yang enak dan kita pun siap untuk membagikan kepada keluarga atau orang di sekitar kita.

  1. Bisa memanfaatkan jasa aqiqah

Jika anda ingin lebih mudah dalam menyelenggarakan aqiqah, maka anda pun bisa memanfaatkan layanan jasa aqiqah. Yang mana layanan jasa ini dapat membantu anda dalam menyelenggarakan aqiqah dengan baik dan hasil yang sangat terjamin. Dengan menyelenggarakan ibadah aqiqah sendiri kita bisa menyelenggarakan kapan saja tanpa harus merasa bingung. Bila perlu anda pun bisa meminta rekomendasi atau konsultasi dengan layanan jasa yang menyediakan.

Nah itulah beberapa hal yang bisa anda jadikan pertimbangan dalam memilih jasa aqiqah. Semakin tepat jasa yang anda ajak kerja sama, maka semakin memberikan kemudahan anda untuk anda dapatkan hasil terbaik. Akan ada banyak keuntungan yang pastinya bisa anda dapatkan dengan memanfaatkan layanan jasa. Karena anda memang bekerja sama dengan orang yang sudah ahli dalam bidangnya.